Dubes Belgia untuk Indonesia diangkat Jadi Warga Kehormatan Manggarai Barat

Labuan Bajo – Duta Besar (Dubes) Negara Belgia untuk RI, Mr. Petrick Herman, diangkat menjadi warga kehormatan Manggarai Barat. Pengangkatan sebagai warga kehormatan yang dipimpin Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula tersebut berlangsung di Jayakarta Hotel yang disatukan dengan acara Gala Dinner, Minggu malam (29/04).

Seperti disaksikan humas.manggaraibaratkab.go.id, prosesi pengangkatan diawali dengan penyematan atribut-atribut sesuai budaya Manggarai seperti lipa (Sarung) songke dengan motif wela kaweng. Motif “Wela Kaweng bermakna interdepensi antara manusia dan alam sekitarnya. Selanjutnya, selendang/slempang, dan Tubi Rapa dan Sapu (Destar). Pengangkatan sebagai warga kehormatan yang baru pertama kali dilakukan ini berlangung khidmat.

Dubes yang sudah empat tahun berada di Indonesia ini mengikuti semua prosesi yang dilakukan oleh Tokoh Adat Ardianus Hamut dengan setia. Setelah semua terpasang Dubes Petrikc Herman terlihat gagah menjadi seorang warga Manggarai Barat.

“Dengan berakhirnya penyematan atribut-atribut budaya, maka Dubes Belgia, Mr. Petrick Herman, sudah sah menjadi warga kehormatan Manggarai Barat,” demikian Bupati Gusti Dula, yang langsung mendapat tepuk tangan udangan yang hadir.

Menurut Bupati, tugas selanjutnya yang harus dilakukan Dubes adalah membantu Manggarai Barat dalam melakukan promosi. Artinya, jika suatu saat Dubes Petrick pulang ke Belgia maka jangan sampai melupakan Manggarai Barat karena secara adat sudah diangkat. “Ya, nanti kalau Dubes pulang ke Belgia, jangan sampai lupa Manggarai Barat. Anggap saja Dubes adalah orang Manggarai Barat yang tinggal di Belgia,” ujar Bupati sembari senyum.

Sementara itu, Dubes Petrick Herman yang juga diberi kesempatan untuk mengungkapkan perasaanya, mengaku senang dan bangga karena diangkat menjadi warga Kehormatan di Manggarai Barat. “Saya senang karena diangkat menjadi warga kehormatan,” jelasnya.

Selanjutnya, Petrick Herman mengunkapkan perasaannya dalam bahasa Prancis yang diterjemahkan Kosmas, Pejabat dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI. Menurut Herman seperti diterjemahkan Kosmas, acara malam ini diluar perkiaraan dirinya. “Saya terkeasan sekali malam ini, dan ini pengalaman hidup yang tidak akan lupa,” katanya.

Menurut Herman, pada tahun 2014 dirinya pernah datang di Labuan Bajo. Pada waktu itu, kondisi Labuan Bajo masih belum menunjukan sebagai salah satu daerah tujuan wisata, tetapi sekarang perkembangan Labuan Bajo sangat pesat. Dirinya berharap, pada masa yang akan datang kondisi Manggarai Barat semakin baik.

Hadir dalam acara ini Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Barat, Yulius Sigit Kristanto, SH, MH, Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono S. I. K., M.Si, Sekretaris Daerah Manggarai Barat Mbon Rofinus, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Manggarai Barat Martinus Ban, ST dan Asisten Administrasi Umum Manggarai Barat Agustinus Hama, SH., Para Pejabat dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, PIC Manggarai Barat di Jakarta, Matias M. Mboi beberapa pimpinan OPD Lingkup Pemkab Manggarai Barat.

Untuk diketahui, tahun 2018 ini, tugas dari Mr. Petrick Herman sebagai Dubes Belgia untuk Indonesia sudah berakhir. Petrick ditugaskan lagi oleh negaranya sebagai Dubes Belgia untuk Negara Brasil. (Tim Humaspro/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *