Dinas Parbud Mabar Selenggarakan Petualangan Alam Komodo

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kabupaten Manggarai Barat menyelenggarakan kegiatan Petualangan Alam Komodo tahun 2017 di tiga pulau berbeda yakni Pulau Padar, Rinca dan Kalong. Kegiatan Petualangan dilaksanakan, Sabtu (25/11). Tujuannya untuk melihat, merasakan dan mengenal lebih dekat potensi destinasi yang dimiliki Kabupaten Manggarai Barat.

Seperti disaksikan humas.manggaraibarat.go.id, sebelum berangkat menuju tiga destinasi wisata para peserta yang terdiri dari anggota DPRD Manggarai Barat, Pimpinan OPD dan Staf Lingkup Pemerintah, pimpinan Instansi Vertikal, anggota Dharma Wanita Persatuan dan beberapa warga masyarakat. Ada 10 (sepuluh) kapal yang digunakan untuk memberangkatkan para peserta ke tiga destinasi tersebut.

Dan sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, Petualangan Alam Komodo 2017 ini diukawal langsung oleh satu unit Speed boat milik Basarnas Labuan Bajo, Angkatan Laut dan juga pihak Polres Manggarai Barat. Ketiga speed boat ini mengkawal perjalanan 10 (sepuluh) kapal menuju destinasi yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Teodorus Suardi, M.Si., mengatakan kegiatan Petualangan Alam Komodo ini yang pertama dilaksanakan. Kendati para peserta banyak yang tidak ikut karena berbagai alasan, kegiatan Petualangan Alam Komodo ini tentu akan memberi dampak yang significant terhadap pariwisata Manggarai Barat.

“Ada 10 (sepuluh) kapal yang disiapkan untuk kegiatan Petualangan Alam Komodo tahun 2017. Satu kapal bisa mengangkut 15-20 peserta. Tetapi sampai dengan jam yang telah ditentukan jumlah peserta yang hadir hanya 100 ditambah dengan beberapa anak-anak, terpaksa kita berangkatkan. Kita ini jalan di Laut, maka tentu kita harus patuh pada perintah para kapten kapal yang mengerti tentang laut kita,” jelasnya.

Menurut dia, ada beberapa pimpinan OPD yang meminta kalau keberangkatannya diundur ke jam 07.00 Wita. Permintaan tersebut tidak dilayani, karena berbagai macam pertimbangan. Selain itu dijelaskannya, kegiatan Petualangan Alam Komodo tahun 2017 ini juga melibatkan para blogger yang sepenunhnya ditangani langsung oleh kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Baca: https://virustraveling.com/panas-terik-di-pulau-padar dan

http://www.keluargapelancong.net/trekking-seru-di-pulau-padar/

Berangkat dari Dermaga Labuan Bajo menuju destinasi pertama yakni Pulau Padar, sekitar pukul 06.40 Wita. (**)