Camat Lembor, Buka Kegiatan Kemitraan antara Bidan dan Dukun

Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat melalui Puskesmas Wae Nakeng Kecamatan Lembor melaksanakan kegitan kemitraan antara Bidan dan Dukun. Kegiatan kemitraan ini dibuka oleh Camat Lembor, Malu Paulus, hari Kamis (15/12) lalu. Kegiatan ini dihadiri dan diikuti 50 peserta baik bidan  aupun dukun terlatih yang berasal dari berbagai Desa se-Kecamatan Lembor.

Dalam sambutannya  Camat Lembor mengatakan kemitraan bidan dan dukun merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Kemitraan bidan dan dukun ini harus terjaga dengan baik agar semua tujuan dapat tercapai yaitu terutama dapat menyelamatkan ibu dan bayi pada saat proses persalinan.

“Fokus utama kegiatan untuk mendukung program kerja Pemerintah dalam menyelamatkan Ibu dan Bayi. Kita sedapat mungkin mmeminimalisir segala peristiwa -peristiwa yang terjadi yang berdampak pada ketidakselamatan Ibu dan Bayi pada proses bersalin,” katanya.

Dikatakannya, dukun terlatih mempunyai peran dalam mendukung dalam proses kelahiran seorang bayi. Kemitraan bidan dan dukun dapat diwujudkan dengan kerjasama dan bagi hasil pelayanan. Kemitraan bidan dan dukun dapat terjadi dengan adanya rasa saling percaya dan bersikap terbuka diantara keduanya. Selain itu dalam melaksanakan kemitaan bidan dan dukun, dituntut bertindak sesuai dengan kewenangan dan kompetensinya.

Untuk diketahui kegiatan kemitraan antara bidan dan dukun merupakan program kerja tahunan DInas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat melalui Puskesmas Wae Nakeng. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Puskesmas Wae Nakeng, tiap tahun kegiatan kemitraan antara dukun dan bidan ini selalu dihadiri banyak peserta. (Fransiskus P.Kota/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *