Bupati Manggarai Barat: Penanaman Pohon, Upaya Mengurangi Emisi Karbon Dioksida

Labuan Bajo, (16/12)–Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula mengatakan Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasioanal (BMN) tingkat Kabupaten Manggarai Barat, erat kaitannya dengan andil Kabupaten Manggarai Barat dalam mengendalikan perubahan iklim.

Kegiatan pencanangan ini juga menunjukkan bahwa kita (Manggarai Barat; red) berperan signifikan dalam penanganan perubahan iklim,” kata Bupati membuka sambutannya saat pencanangan HMPI dan BMN di Hutan Kota Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo hari ini Jumat (16/12).

Dikatakanya, langkah mitigasi dengan penanaman pohon merupakan salah satu upaya mengurangi emisi Karbon dioksida (CO2). Karbon dioksida adalah senyawa kimia anorganik yang memiliki berbagai penggunaan komersial, dari produksi laser hingga karbonasi minuman ringan. “Saya perlu menggarisbawahi bahwa kegiatan penamanan yang kita lakukan hari ini merupakan salah satu upaya kita mengurangi emisi karbon dioksida,” tandasnya.

Pelestarian lingkungan sangat penting, demi kelangsungan hidup setiap mahluk hidup karena keberadaan hutan merupakan sumber utama segala kehidupan. Selain itu hutan sebagai fungsi keindahan dan kenyamanan yang merupakan unsur penting membangun kepariwisataan. “Sudah kewajiban kita mejaga dan melestarikan hutan baik yang berada di kawasan hutan, maupun diluar kawasan hutan termasuk hutan kota,” katanya.

Sehingga Kabupaten Manggarai Barat akan menjadi daerah yang hijau, sejuk dan indah dipandang. Caranya adalah semua komponen masyarakat bersama-sama ikut ambil bagian menjaga dan mencegah penebangan liar, membakar hutan dan lahan demi tercapainya kelestarian lingkungan.

Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasioanal (BMN) juga dihadiri anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekda Manggarai Barat, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda Manggarai Barat, dan semua pimpinan Dinas, Badan, Kantor, Bagian lingkup pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Pimpinan Instansi Vertikal dan sejumlah tokoh masyarakat. (Fridus Soka/**)

One Response to Bupati Manggarai Barat: Penanaman Pohon, Upaya Mengurangi Emisi Karbon Dioksida

  1. Jenudin berkata:

    Hutan sebagai paru_paru dunia penting untuk dijaga kelestariannya, maka melalui momen Hari Menanam Pohon tahun ini dapat memberikan motivasi bagi masyarakat, terutama PNS untuk selalu menjaga kelestarian Hutan dengan cara banyak menanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *