Bupati Manggarai Barat, Buka Kegiatan Diseminasi HAM

Labuan Bajo (27/01) Bupati Manggarai Barat,  Drs. Agustinus Ch. Dula hari ini,  Jumat (27/01) membuka secara resmi kegiatan Diseminasi Hak Asasi Manusia (HAM) yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini dilakanakan di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat dan dihadiri seluruh Sekda Manggarai Barat, Pimpinan DPRD Manggarai, para Asisten Sekda dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Manggarai Barat.

Ketika memberikan sambutan, Bupati Manggarai Barat Gusti Dula menyampaikan apresiasi kepada Kepala Kantor dan segenap jajaran Kementerian Hukum dan HAM NTT, atas kehadirannya di Kabupaten Manggarai Barat. “Saya memberikan apresiasi atas kehadiran Kepala Kantor Wilayah dan rombongan di Kabupaten Mabar. Apalagi ini merupakan kunjungan kerja yang pertama di tahun 2017 ini,” katanya.

Menurut Bupati, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan hukum, terutama di bidang HAM. Dikatakannya, diseminasi HAM merupakan suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut dengan baik.

Diseminasi merupakan tindak inovasi yang disusun dan disebarannya berdasarkan sebuah perencanaan yang matang dengan pandangan jauh ke depan baik melalui diskusi atau forum lainnnya yang sengaja diprogramkan, sehingga terdapat kesepakatan untuk melaksanakan inovasi.

Hal lain dijelaskannya, saat ini Pemkab Manggarai Barat tengah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pelayanan terhadap Perempuan dan Anak Korban Kekerasan. Penyusunan Ranperda ini sebagai salah satu bentuk implementasi pemenuhan HAM, khususnya terhadap kaum perempuan dan anak.

“Kami (Pemda; red) tengah menyusun Ranperda tentang pelayanan terhadap Perempuan dan Anak Korban Kekerasan. Mudah-mudahan dalan waktu yang tidak terlalu lama, Ranperda itu selesai,” kata Bupati seraya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kanwil atas di bangunnya Kantor Imigrasi di Labuan Bajo, sehingga semakin banyaknya kunjungan turis mancanegara serta mempermudah layanan terhadap masyarakat lokal yang ingin bepergian ke luar negeri.

Namun demikian, Bupati dua periode ini juga berharap pihak Kanwil bisa segera merealisasikan pembangunan rumah tahanan atau Lembaga Pemasyarakatan (LP) di Manggarai Barat yang sudah lama diwacanakan. “Pak Kakanwil, kami berharap Pembangunan LP segera direalisasikan,” harapnya.

Sementara itu Kakanwil Kemeterian Hukum dan HAM NTT, Drs Alif Suaidi, M.Si., turut menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan dukungan dari Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Manggarai Barat. Sehingga ke depan kerja sama yang sudah mulai dibangun bisa dijadikan landasan untuk sebuah kemitraan guna menjalankan roda pemerintahan yang lebih baik.

Menurut Suaidi, kegiatan Diseminasi mempunyai tujuan yang mulia yakni mendorong kementerian lembaga dan SKPD untuk mengintegrasikan materi HAM ke dalam setiap kegiatan sosialisasi, penyuluhan, dan pelatihan atau kegiatan serupa yang dilakukan oleh kementerian lembaga atau SKPD, serta memberikan materi dasar-dasar HAM sebagai bahan kegiatan sosialisasi, penyuluhan, dan pelatihan.

Dikatakannya, pengertian hak asasi manusia sesuai dengan Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, 10 Kelompok hak dasar, hak asasi manusia yang masuk ke dalam hak-hak sipil dan politik (Negatif Rights), Hak asasi manusia yang masuk ke dalam hak-hak ekonomi, sosial & budaya (Positif Rights), Hak-Hak bersama, serta kewajiban negara untuk menghormati, memenuhi, melindungi hak asasi manusia.

Pada bagian akhir kegiatan Diseminasi HAM ini, dilakukan penanda tanganan Kesepakatan Bersama atau MoU antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dengan Nomor W22-PH.01.01-1078 dan HK.01 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional HAM di Kabupaten Manggarai Barat. (Timoteus N. Purnama/Fridus/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *