Bupati Mabar Terima Kunjungan Konsul RI di Darwin

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat (Mabar) Drs. Agustinus Ch. Dula menerima kunjungan kerja Konsul Republik Indonesia di Darwin & Delegasi Northern Territory Dicky D. Soerjanatamihardja bersama Moh. Hanifa Konsul Ekonomi KRI serta Direktur All Global Training, Alan Watt. Penerimaan berlangsung di ruang rapat Bupati Manggarai Barat, pagi ini Selasa (30/10).

Bupati Gusti Dula menyambut baik kedatangan Konsul dan rombongan yang membahas peningkatan kerjasama di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata antara Northern Territory dengan Manggarai Barat. “Terima kasih sudah hadir di Labuan Bajo. Kehadiran Pak Dicky dan teman-teman tentu membawa berkah bagi Kabupaten Manggarai Barat,” demikian Bupati membuka pembiacaraan.

Menurut Bupati Gusti Dula beberapa bulan yang lalu di Labuan Bajo berlangsung Trilateral Meeting Delegasi 3 Negara Australia-Indonesia-Timor Leste.  Dalam pertemuan tersebut isu pariwisata juga pendapat sorotan. Artinya potensi pariwisata bukan lagi hanya sekedar di bangga-banggakan tetapi bisa lebih maju selangkah lagi.

Bupati dua periode inipun yakin kunjungan konsul dan rombongan ini tidak salah alamat, karena Labuan Bajo memang memiliki keajaiban yang layak untuk dipromosikan. “Beberapa bulan lalu, delegasi tiga Negara melakukan pertemuan di Labuan Bajo yang juga secara khusus menyoroti pariwisata. Dan jika sekarang Pak Dicky dan rombongan datang, saya pikir tidak salah karena Mabar memiliki keunikan yang layak untuk dipromosikan,” tandasnya.

Sementara itu Dicky Soerjanatamihardja, menjelaskan salah satu tujuan kedatangan pihaknya dalam rangka mengakses informasi tentang potensi pariwisata bagian Timur Indonesia untuk selanjunya diperkenalkan di wilayah NT. Pada masa yang akan datang, konektivitas antara Darwin dan bagian Timur Indonesia sangatlah penting.

“Dalam hal ini, kami di Darwin memandang pentingnya konektivitas dari Darwin ke bagian Timur Indonesia, salah satu yg kami perhatikan cukup siap adalah Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia juga menambahkan bahwa Komunitas Indonesia yang berada di NT begitu aktif memperkenalkan kebudayaan Indonesia terhadap masyarakat di sana. Bahkan komunitas itu juga giat mendorong investor dari Darwin berinvestasi di Indonesia.

Diketahui kunjungan tersebut adalah upaya menindaklanjuti kerjasama lebih erat antara Northern Territory (NT) dengan Nusa Tenggara Timur (NTT),  juga sebagai upaya Konsulat Republik Indonesia (KRI) Darwin dalam mempromosikan potensi investasi di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI) dikarenakan Mabar adalah salah satu kabupaten di wilayah KTI yang memiliki kedekatan secara geografis dengan wilayah Darwin,  NT.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh pewakilan Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat, pimpinan OPD lingkup Setda Kabupaten Mabar dan beberapa perwakilan instansi vertical terkait. (Asty/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *