Bupati Mabar Soroti Adanya Tumpukan Sampah

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula menyoroti komitmen semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat  terhadap upaya menjaga kebersihan di seluruh wilayah Kota Labuan Bajo. Pasalnya, dibeberapa titik masih ditemukan sampah yang memang sengaja dibuang oleh oknum warga.

Sorotan tersebut disampaikan Bupati Gusti Dula, dihadapan seluruh staf ASN dan staf Honorer  saat memberi amanat dalam apel kekuatan, di halaman Kantor Bupati manggarai Barat, Senin (07/05). “Saya harap agar kita semua membangun komitmen untuk menjaga kebersihan di kota Labuan Bajo. Harus ada kesadaran bahwa Labuan Bajo ini merupakan kota tujuan wisata dunia. Di beberapa titik saya menemukan tumpukan sampah yang sengaja dibuang oleh oknum warga yang tidak bertanggung jawab,” pintanya.

Bupati Gusti menegaskan semenjak ditetapkan sebagai Kawasan Stragesi Pariwisata Nasional (KSPN) perhatian pemerintah Pusat terhadap sektor pariwisata di Labuan Bajo Ibukota Kabupaten sangat besar.  KSPN adalah kawasan yang memiliki fungsi utama pariwisata atau memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata nasional yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi.

Menurut Bupati dua periode ini dalam kaitan dengan ditetapkan sebagai KSPN, yang harus kita lakukan adalah dengan memberi dukungan, terutama dalam kaitan dengan kebersihan kota. Kebersihan menjadi persoalan utama di kota Labuan Bajo. “Dalam rapat-rapat yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, masalah sampah selalu menjadi sorotan utama,” tegasnya.

Dijelaskannya, saat ini upaya pembenahan dan peningkatan  sarana dan infrastruktur (accessibility atau aksesibilitas) terus dilakukan Pemerintah Pusat. Dan perkembangannya saat sangat menggembirakan. Hal ini menunjukan bahwa pemerinntah pusat sangat serius meningkatkan sector pariwisata di Labuan Bajo Ibukota Kabupaten Manggarai Barat.

Pada bagian akhir amanat, Bupati kembali mengingatkan semua pimpinan OPD terutama OPD-OPD teknis untuk mendukung sepenuhnya program Pemerintah Pusat dalam upaya meningkatkan dan memajukan pariwisata Manggarai Barat. (Adol S/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *