Bupati Mabar Pimpin Apel Peringatan HKN ke-54

Labuan Bajo –  Bupati Manggarai Barat (Mabar), Drs. Agustinus Ch. Dula langsung pelaksanaan apel peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tingkat Kabupaten Manggarai Barat. Apel peringatan  HKN berlangsung di Lapangan Sepak Bola Benteng Desa Golo Pongkor Kecamatan Komodo, Senin (12/11).

Bupati dan rombongan antara lain Wakil Bupati, drh. Maria Geong, Ph.D., Ketua DPRD, Blasius Jeramun, SH., Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K., M.Si., Danramil 1613-02 Komodo Kapten Infantri Sulaiman Baba dan beberapa pimpinan OPD Lingkup Pemkab Manggarai Barat berangkat dari rumah dinas Bupati, pukul 07.30 Wita.

Sampai di lokasi, sekitar pukul 08.00 wita, dan dilanjutkan dengan penerimaan secara adat sesuai adat-istiadat setempat oleh tu’a-tu’a adat Benteng Desa Golo Pongkor. Usai penerimaan secara adat, Bupati dan rombongan menuju tempat upacara. Bertindak sebagai Komandan Upcara, Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Stefanus Salut, S.Sos.

Dalam amanat Bupati membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM (K). Bupati menyebutkan, Tema Peringatan HKN yang saat ini dilaksanakan, adalah “Aku Cinta Sehat” dengan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita“. Tema tersebut sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berperilaku hidup sehat.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui GERMAS telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi suatu Gerakan Nasional yang tertuang dalam Inpres No.1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” jelas Bupati.

Peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. Mengubah pola hidup ke arah promotive-preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Pada akhir sambutan tertulis itu, Menkes seperti disampaikan Bupati Gusti Dula mengajak seluruh insan kesehatan baik di jajaran Kementerian Kesehatan maupun di tingkat daerah agar menjadikan HKN ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor dalam melaksanakan pembangunan kesehatan.

“Mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita
masing-masing,” ujarnya.

Apel peringatan HKN Ke-54 diikuti jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Mabar, jajaran kecamatan Komodo, Staf Puskesmas se-Kabupaten Mabar, para medis Puskesmas se-Kabupaten Mabar, siswa/siswi SD, SMP dan SMA, serta tokoh masyarakat. Usai apel, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan bagi Puskesmas dan Desa yang berprestasi di bidang kesehatan. (Asty/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *