Bupati Mabar Pimpin Apel Kesadaran Kebersihan Lingkungan

­Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula, memimpin Apel Kesadaran dalam rangka Kebersihan Lingkungan di Kota Labuan Bajo. Apel berlangsung di Lapangan upacara Kantor Bupati Manggarai Barat,  Kamis (17/01).

Adapun langkah ini diambil menyusul penetapan Manggarai Barat Darurat Deman Berdarah Dengue (DBD) yang sampai dengan saat ini ada 3 (tiga) pasien DBD meninggal dunia. Oleh karenanya Pemerintah melalui Dinas kesehatan telah mengambil langkah pengobatan dan pencegahan terhadap wabah DBD ini.

Kepada peserta apel, Bupati Manggarai Barat menegaskan bahwa dalam kondisi darurat DBD ini hendaknya kita peka, peduli dan sadar akan situasi ini. Peduli dengan Kebersihan lingkungan, dan tanggap apabila menemukan kejadian DBD.

“Saat ini Pemerintah telah menetapkan status darurat demam Berdarah, oleh karena wabah DBD telah menelan korban jiwa. Saya tegaskan kepada kita yang hadir apel kekuatan pagi ini,  untuk peka, peduli dan sadar akan situasi ini. Mengingat penyakit DBD adalah penyakit yang penularannya berbasis lingkungan. Maka dari itu kita hendaknya peduli dengan lingkungan serta tanggap apabila di lingkungan kita masing-masing ditemukan kasus DBD”, tegasnya.

Lebih lanjut Bupati dua periode ini mengharapkan agar para ASN dan non ASN Pegawai lingkup pemda Manggarai Barat menjadi pelopor dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Dikatakannya bahwa upaya kebersihan yang kita lakukan ini tujuan dalam jangka pendeknya adalah untuk memberantas dan mencegah pertumbuhan jentik-jentik nyamuk penyebar wabah DDB.  Jangka panjangnya adalah untuk kebersihan Kota Labuan Bajo sebagai kota Pariwisata Dunia. Mengingat Kebersihan merupakan syarat mutlak sebuah kota Pariwisata kelas Dunia.

“Kerja bakti lingkungan yang kita lakukan saat ini tujuan jangka pendeknya adalah untuk memberantas dan mencegah pertumbuhan jentik-jentik nyamuk penyebar wabah DBD, sedangkan jangka panjangnya adalah untuk kebersihan kota labuan bajo sebagai kota Pariwisata Dunia. Mengingat Kebersihan merupakan syarat mutlak sebuah kota Pariwisata kelas Dunia,” katanya.

Dirinya berharap peran serta ASN dan non ASN di lingkup Pemda Manggarai Barat untuk menjadi pelopor dalam menjaga kebersihan kota,  mulai dari lingkungan kita masing-masing sampai dilingkungan kantor kita bekerja dan ruang publik lainnya.

Kegiatan kebersihan hari ini dilakukan di tiga titik yaitu,  Kelurahan Labuan Bajo dengan titik star Bandara Komodo, Kelurahan Wae Kelambu dengan titik star kantor Bank NTT, Dan Desa Golo Bilas dengan titik star  tempat pengisian BBM.

Hadir dalam apel ini,  Kajari Manggarai Barat Yulius S. Kristanto, SH. MH, Sekda Manggarai Barat,  Mbon Rofinus,  SH, M.Si, pimpinan OPD lingkup Pemda Manggarai Barat,  BUMD dan BUMN. (Tc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *