Bupati Mabar Lantik Frans Male sebagai Camat Kuwus

Golowelu (09/01) – Bupati Manggarai Barat (Mabar) , Drs. Agustinus Ch. Dula, pagi ini melantik dan mengambil sumpah Camat Kecamatan Kuwus, Fransiskus Male, S. Pd. Pelantikan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Kuwus di Golowelu, Rabu (09/10).

Pagi ini, Bupati yang didampingi Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph. D, Kapolres Manggarai Barat, AKBP, Julisa Kusumowardono, SIK. M. Si., Ketua TP PKK Manggarai Barat, Nyonya Wys Dula, S. Pd., Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Marten Ban, ST., dan semua pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, meninggalkan Labuan Bajo pada pukul 06.10 Wita.

Tiba di Golowelu, pukul 09.30 wita, diawali laporan Sekcam Kuwus sekaligus Plt. Camat Kuwus, Gabriel Bagung yang menjelaskan tentang kondisi Kamtibmas terkini di seluruh wilayah Kecamatan Kuwus, di bok penjemputan. “Lapor, Pemerintah Kecamatan Kuwus, bersama masyarakat, siap menerima kunjungan kerja Bupati dan rombongan, ” demikian Geby Bagung.

Usai laporan acara dilanjutkan dengan penjemputan sesuai adat setempat antara lain, Pa’u tuak Suru, pengalungan dan pemaka. Semua acara yang dikemas dalam adat setempat menunjukan dan menggambarkan suasana batin warga atas peristiwa pelantikan yang berlangsung hari ini. “Ame Bupati, Agu sanggen taung rombongan hale mai labuan Bajo, nighu jooeng tuka koe gami agu nighu tendeng tuka mehe, ai sai ite gah, te pasang panggal one gala anak gami ghe Feran Male, ” demikian Domi Dala tokoh adat dari Compang Kules yang bertugas sebagai juru bicara, sambil menyerahkan tuak (minuman tradisional).

Lalu Bupati Gusti Dula menerima tuak yang disimpan dalam tempat khusus (robo) dan menjawab penyampaian dari Juru Bicara tersebut. “Yo…Sanggen tiba agu naka dite, wali di’a kin laku agu sanggen rombongan ata manga ranga one leso ho’o,” jawab Bupati dalam dialek setempat.

Selanjutnya Bupati dan rombongan diantar menuju Rumah Jabatan Camat oleh grup ronda dari Desa Compang Kules Kecamatan Kuwus Barat. Dalam perjalanan menuju Rujab Camat, grup ronda melantunkan lagu-lagu adat yang syair-syairnya menggambarkan suasana kegembiraan terkait pelantikan. Saat berita ini diturunkan, proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan masih berlangsung.

Untuk diketahui Camat Kuwus sebelumnya adalah Fransiskus Kung yang menjabat dari tahun 2010 dan berakhir pada Juli 2017, untuk menjalankan roda Pemerintahan Kecamatan Kuwus,  Bupati Manggarai menunjuk Geby Bagung sebagai Pelaksana Tugas Camat. Selama menjalankan jabatan sebagai Plt. banyak terobosan yang dilakukan oleh Geby Bagung. (Very/Seli/Adol**).