Bupati Mabar Lakukan Penandatanganan MoU Program Free2Choose

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat (Mabar) Drs. Agustinus Ch. Dula melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) Program Free2Choose yang diselenggarakan oleh Institute For Women Human Rights Instituta Hak Asasi Perempuan (IHAP). Pendandatanganan MoU berlangsung di Aula Setda Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (14/09).

Free2Choose merupakan program Penguatan Layanan Kesehatan Seksual dan Reproduksi Komperhensif bagi Remaja Lintas Kelompok dalam Upaya Pemenuhan Hak Kesehatan & Reproduksi (HKSR) Remaja di Kabupaten Manggarai Barat. Hadir dalam kegiatan ini Direktur IHAP Ibu Mirawati, Kepala OPD lingkup Setda Manggarai Barat, Ketua KPAD, Abut Anggalinus, SH., Kanit PPA Polres Mabar, para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Manggarai Barat, dan para Kepala Sekolah SMA/SMK se-Labuan Bajo.

Bupati Gusti Dula dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemda Mabar menyambut baik dan memberikan dukungan penuh kepada IHAP dalam pemenuhan HKSR ini. Karena itu kegiatan yang akan dilakukan IHAP ini sangat bermanfaat. Penting bagi kita untuk mengajarkan pendidikan seksualitas bagi remaja sejak dini.

“Sudah bukan saatnya lagi mengidentifikasi pendidikan seksual reproduksi sebagai sesuatu yang tabu. Ini penting sebagai usaha preventif agar remaja bisa mengidentifikasi pelecehan dan kekerasan seksual. Remaja berhak untuk tahu sehingga bisa mengetahui konsekuensi atas pilihan-pilihan yang dibuatnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut pria yang menyukai olahraga tenis lantai ini menyampaikan bahwa memberikan pemahaman seksualitas pada remaja membantu mereka agar terhindar dari kejahatan seksual yang belakangan marak terjadi. Tak lupa ia menyampaikan terimakasih karena Mabar menjadi salah satu Kabupaten terpilih untuk melakukan kesepakatan program Free2Choose ini. “Dengan berkembangnya Labuan Bajo seperti sekarang merupakan peluang besar terjadinya pelecehan seksual di berbagai kalangan.” lanjutnya

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan Komunitas Sahabat Remaja Manggarai Barat (SMART) yang ditandai dengan penyematan Pin HKSR oleh Bupati Mabar kepada 5 (Lima) orang pengurus SMART yang terdiri dari anak-anak usia remaja. (Asty/**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *