Bupati Mabar, Hadiri Rakor terkait IMF Annual Meeting di Kemenko Kemaritiman

Labuan Bajo (11/01) – Bupati Manggarai Barat (Mabar), Drs. Agustinus Ch. Dula, hari ini menghadiri rapat Koordinasi Pengembangan Labuan Bajo Dalam Rangka IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Rapat Koordinasi diselenggarakan di Ruang Rapat Kementerian Bidang Kemaritiman, Lt. II, pukul 13.00 Wib (pukul 14.00 Wita).

Bupati berangkat ke Jakarta, kemarin (10/01) usai melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan, Camat Kecamatan Lembor, Pius Baut, SE., menggantikan Paulus Mallu, yang sudah Pensiun dari Pegawai Negeri Sipil.

“Kabag Humas, tolong atur waktu pelantikan Camat Lembor dengan baik. Karena hari ini, saya akan ke Jakarta untuk menghadiri Rapat Koordinasi Pengembangan Labuan Bajo dalam rangka Anual IMF-World Bank Annual Meeting tahun 2018. Kita mendapat surat dari Kemenko Maritim, dan saya wajib hadir dalam rapat tersebut, ” pinta Bupati Gusti Dula, sebelum bertolak ke Wae Nakeng-Lembor, kemarin.

Menurut Bupati Gusti, rapat koordinasi dipandang penting mengingat dari 5 (lima) destinasi kunjungan peserta rapat IMF yakni Samosir, Toraja, Madalika, Labuan Bajo (Komodo) dan Borobudur, diperkirakan kali ini yang diperhatikan lebih adalah Labuan Bajo. Pasalnya, destinasi lain sudah lebih awal diperhatikan. “Diperkirakan, Pemerintah Pusat akan melakukan pembenahan infrastruktur di Labuan Bajo, karena destinasi lainnya sudah lebih awal diperhatikan,” jelas Bupati.

Dijelaskannya, rapat IMF setiap tahun dilaksanakan dan pada tahun 2017 rapat diselenggarakan di Washington-USA. Tahun 2018 diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Denpasar Provinsi Bali dan ini untuk pertama kalinya. “Tahun 2018 untuk pertama kali rapat IMF diselenggarakan di Indonesia. Ini sangat luar biasa. Dan saya yakin apabila nanti para peserta IMF itu bebas memilih destinasi, maka Labuan Bajo/Komodo peminatnya pasti banyak,” katanya penuh yakin.

Annual Meeting dari IMF dan Bank Dunia diselenggarakan di Denpasar-Bali. Tetapi usai rapat mereka (peserta rapat; red) akan diajak untuk mengujungi beberapa destinasi pariwisata prioritas, termasuk Manggarai Barat. Saya kira ini rahmat yang dicurahkan kepada kita di Manggarai Barat. Rahmat ini dicurahkan melalui Presiden kita Joko Widodo, ” jelasnya.

Dijelaskannya,  Kementerian Koordinator Kemaritiman melalui Sekretaris Kementerian Koordinator, Agus Purwoto mengirim surat dengan nomor B.0029/MENKO/MARITIM/ UM206/I/2018, pada tanggal 04 Januari 2018, melalui elektronik mail (E-mail). Dalam surat itu dijelaskan bahwa rapat koordinasi akan dipimpin langsung oleh Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Untuk diketahui, Indonesia telah terpilih sebagai tuan rumah IMF-WB Annual Meetings 2018 (AM 2018). Pertemuan ini merupakan pertemuan terbesar dunia dalam bidang ekonomi dan keuangan, yang menghadirkan Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara anggota serta sektor privat, akademisi, NGO dan media.

Secara keseluruhan, total peserta mencapai 15.000. Dalam pertemuan tersebut, turut diselenggarakan berbagai side events, seperti seminar, investment forum, FGD, workshop, dan cultural events. Pertemuan ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, khususnya dalam peningkatan cadangan devisa, perdagangan dan investasi, pariwisata serta kepemimpinan Indonesia di kawasan.

Tujuan utama penyelenggaraan AM 2018 adalah menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia dan Asia sebagai ekonomi yang reformed, resilient, dan progressive; disamping engagement yang lebih kuat terhadap IMF maupun World Bank dengan stigma yang berkurang.

Turut mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Ir. Teodorus Suardi, M. Si., Kepala Balai Taman Nasional Komodo,  Sudibyo dan Direktur PDAM Wae Mbeliling, Aurelis H. Endo, ST. Rencananya, dari Jakarta Bupati Gusti menuju Surabaya untuk menghadiri Manggarai Fest yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Manggarai Surabaya (IKEMAS). (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *