Bupati Hadiri Puncak Pencanangan BBGRM ke-16 Tingkat Manggarai Barat di Desa Golo Mbu

Werang – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula menghadiri Puncak Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16, Hari Kesatuan Gerak (HKG)  PKK ke-47, Hari Keluarga ke-26, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-3, Hari Ulang Tahun Koperasi ke-72 dan Pencanangan Bulan Sadar Pajak Tingkat Kabupaten Manggarai Barat. puncak kegiatan dilaksanakan di Werang Desa Golo Mbu Kecamatan Sano Nggoang, Kamis (27/06) pagi.

Turut hadir Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, SIK., M. Si., Ketua Tim PKK Manggarai Barat, Nyonya Maria A. M. Daduk Dula, Asisten Pemerintahan Umum, Ismail Surdi, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Manggarai Barat, para Camat, Kapala Desa/Lurah se-Kabupaten Manggarai Barat dan ratusan warga Kecamatan Sano Nggoang. Kehadiran Bupati dan rombongan disambut dengan secara adat, oleh tokoh-tokoh adat setempat.

Tepat pukul 09.00 Wita kegiatan yang telah dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 25 Juni yang lalu dimulai. Acara diawali dengan Laporan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Manggarai Barat, Mateus Ngabut.

Dalam laporan dia menyampaikan bahwa Pencanangan BBGRM dan beberapa kegiatan lainnya merupakan agenda rutin Kabupaten yang dilaksanakan setiap tahun. Dan kegiatan yang sama juga dilaksanakan pada tingkat Nasional dan Provinsi. “Pencanangan BBGRM, Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga Nasional yang dilaksanakan ini merupakan agenda tahunan,” katanya.

Hal ini menurut Ngabut menandakan bahwa momentum peringatan ini, memiliki kedudukan yang cukup penting dan strategis, terutama dalam mendorong dan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat untuk terus membudayakan dan melestarikan semangat Gotong Royong. Pasalnya Gotong Royong telah menjadi jati diri, karakter dan ciri khas masyarakat, serta merupakan warisan budaya bangsa yang tidak ternilai harganya.

Kaban PMD juga melaporkan bahwa selama pelaksanaan kegiatan banyak warga masyarakat yang terlibat aktif. Keterlibatan tersebut ditandai dengan banyak produk-produk lokal yang dipamerkan pada stan-stan disekitar tempat kegiatan. Selain itu selama tiga malam berturut-turut, selalu diisi dengan berbagai kegiatan seni.

Usai laporan Kaban PMD, dilanjutkan dengan penyampaian realisasi Pajak Kecamatan oleh 12 Camat se-Kabupaten Manggarai Barat secara bergantian. Yang dimulai dari Camat Kuwus Frans Male, Camat Macang Pacar M. Sarimin Malonde, Camat Boleng Bonavantura Abunawan, Camat Kuwus Barat Vitus Suparji, Camat Lembor Selatan Paulus, Camat Lembor Pius Baut, Camat Welak Felix, Camat Ndoso Frans Tote, Camat Mbeliling Roby Dos, Camat Sano Nggoang Siprianus Silfris, Camat Pacar Thomas Faran dan Camat Komodo Imran.

Dari Laporan para Camat prosentase Realisasi Pajak terbanyak tahun 2019 berasal dari Kecamatan Ndoso disusul Kecamatan Macang Pacar dan Kecamatan Pacar. (*)

One Response to Bupati Hadiri Puncak Pencanangan BBGRM ke-16 Tingkat Manggarai Barat di Desa Golo Mbu

  1. Ferdinand Hamin berkata:

    PMD statusnya saat ini adalah Dinas,
    Kepala PMD adalah Kepala Dinas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *