Bupati Hadiri Pencanangan BBRGM dan Sadar Pajak di Kecamatan Komodo, Wabup di Kuwus Barat

Batu Cermin, Komodo – Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula menghadiri kegiatan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 dan Pencanangan Bulan Sadar Pajak (BSP) tingkat Kecamatan Komodo, di Pelataran Objek Pariwisata Batu Cermin, Desa Batu Cermin, Jumat (21/06) pagi. Sementara pada hari yang sama Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D., menghadiri kegiatan serupa di Kecamatan Kuwus Barat.

Kegiatan BBGRM dan BSP ini juga digabungkan dengan beberapa kegiatan penting lainnya Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, Hari Keluarga ke-26, Gelar Teknologi Tepat Guna ke-3, Hari Ulang Tahun Koperasi ke-72. Sementara untuk tingkat Kabupaten Manggarai Barat kegiatan ini akan dilaksanakan di Desa Golo Mbu Kecamatan Sano Nggoang, pada tanggal 25 Juni mendatang.

Sebelum kegiatan dimulai, Bupati Manggarai Barat, dijemput (curu) sesuai adat setempat, dipintu gerbang Batu Cermin oleh tokoh-tokoh masyarakat di Desa Batu Cermin. Dan menuju tempat kegiatan, Bupati diantar oleh grup ronda. Sepanjang perjalan menuju tempat acara Grup ronda  melantunkan syair-syair yang berisi ajakan. Ditempat acara dilanjutkan dengan acara Tuak Kapu. Dalam acara Tuak Kapu ini, tokoh-tokoh adat setempat mengungkapkan kegembiraan atas pelaksanaan kegiatan. Mereka juga memberitahukan kalau masyarakat Kecamatan Komodo bersatu “Kote Oles-Todo Kongkol”.

Sementara itu Bupati Manggarai Barat juga menyatakan kegembiraannya baik saat penjemputan maupun penerimaan. “Yo..bengkes kole lami nai lorong di’an tiba. Aku ata caun landuk Manggarai Barat, kole neki weki-manga ranga. Di’an tiba, neho tending tuka mese dami, neho joreng tuka koe. Tiba le pa’an agu ce’e mbaru, neki weki manga ranga, Etan tu’a-wan koe, sangen taung weki agu weki Kecamatan Komodo. Mai ga ite ngaji kamping Mori Ngaran bate jari dedek, Tanan wa-awang eta, par awo-kolep sale, ulun le-wai’n lau, Porong one acara ho’o kali ga, molor’n. neho tae, cama po’e ngger one-cama lewang ngger pe’ang. Yo…ho’o kin lami tau ndeng acara dite leso ho’o,” demikian Bupati.

Usai penerimaan secara adat, acara dilanjutkan dengan Pencanagan BBRRM dan BSP yang diawali dengan laporan realisasi pajak yang disampaikan oleh para Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Komodo. Dalam laporan, tidak ada satupun Desa/Kelurahan yang mencapai 100%. Padahal total PBB P2 Kecamatan Komodo adalah Rp. 5 milyar lebih. Dari total tersebut realisasi sampai dengan saat ini hanya sekitar 4,71%.

Kendati belum significant, realisasi pajak PBB-P2 Kecamatan Komodo tetap diserahkan secara simbolis hasil oleh Camat Komodo Imran, SIP kepada Bupati yang selanjutnya diserahkan Sekretaris BPKD.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Komodo IPDA Royke Werendity, Komandan Detasemen 4 Pelopor Brigade Mobil, Raymondo de Jesus, SH, Danramil 1612/02 Komodo Kapten Inf I Nyoman Sukada, Lurah/Kepala Desa se kecamatan Komodo. (Tian Candra/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *