Bupati Gusti: “Saya Senang dan Bangga dengan Langkah yang diambil Kemenko Maritim RI”

LABUAN BAJO – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula mengaku bangga dan senang dengan langkah yang diambil Kementerian Koodinator Kemaritiman (Menko Maritim) yang telah membentuk Tim Terpadu dalam rangka Persiapan Annual Meeting IMF-World Bank 2018. Tim terpadu ini beranggotakan semua Kementerian, termasuk PLN Pusat dan Pertamina.

“Beberapa waktu lalu, kita (Pemkab; red), mendapat surat pemberitahuan dari Kemenko Maritim, kalau hari ini mereka akan datang ke Labuan Bajo untuk melakukan survey lapangan. Dan pada lampiran surat tersebut, saya membaca ada 44 orang dari Kementerian yang berbeda dating ke Labuan Bajo dalam waktu bersamaan. Melihat daftar yang dating saja, saya sendiri sudah bangga dan senang, apalagi kalau mereka sudah tiba di Labuan Bajo,” demikian Bupati Gusti Dula, kepada humas.manggaraibaratkab.go.id, di ruang kerjanya pagi ini, Rabu (24/01).

Dijelaskan Bupati dua periode ini, informasi mengenai kedatangan Tim terpadu yang diprakarsai Menteri Koordinator Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan sangat cepat dan mendadak. Karena itu persiapan mungkin seadanya tetapi intinya tetap siap. “Senin lalu, kita baru melakukan rapat terkait kedatangan Tim terpadu ini. Dan itu merupakan rapat pertama dan terakhir, koordinasi selanjutnya dengan semua OPD saya menggunakan layanan grup Whatsupps yang kita miliki, dan ternyata efektif dan efisien,” jelasnya.

Untuk diketahui Surat pemberitahuan terkait rencana kedatangan Tim terpadu pertama kali diposting oleh Sekretaris Bapeda, Drs. Salvador Pinto. Tidak lama berselang, postingan tersebut ditanggapi Bupati Manggarai Barat. Berikut kutipan Koordinasi yang dilakukan Bupati Manggarai Barat kepada OPD terkait melalui layanan Whatsupps;

Bupati: Para SKPD dan Unit kerja terkait baca undangan ini dan sgr respon.. Diperintah kan kpd Kadis Pariwisata sbg koordinator utk mengkoordinasikan semua persiapan termasuk acara dan agenda. Ini kesempatan yg sangat luar biasa utk Mabar. Smua OPD dan unit kerja yg terkait dg undangan hrs ada reaksi “kapan lagi kalo bukan skrang” jangan lewatkan.. Trimakasih.

Tanggapan OPD:

[08:45, 1/22/2018] Sekretaris BLH, Agustinus Rinus: Siap Bpk Bupati, tabe

[08:45, 1/22/2018] Kadis Pariwisata dan Kebudayaan: Terima kasih bapak bupati. Siap melaksanakan.[09:02, 1/22/2018] Seizin bapak bupati. dalam rangka persiapan survey lapangan yang dikoordinasikan oleh menkomaritim, maka disampaikan kepada Asisten 2,kepala OPD dinas kesehatan  PUPR,  Dinas Perumahan, Lingkungan hidup dan kebersihan, dinas ketahanan pangan dan Perikanan,  dinas perhubungan, dinas peridagkop, BP4D utk mengikuti rapat yang akan dipimpin langsung bapak Bupati hari ini, senin, tgl 22 januari 2018, jam 10.00,bertempat di ruang rapat bupati. DUM.

[09:12, 1/22/2018] Kadis PUPR: Siap pa Bupati

[09:21, 1/22/2018] Direktur PDAM Wae Mbeliling: Siaaap bapak bupati, tabe

Selanjutnya pada hari yang sama [22:09, 1/22/2018] Bupati kembali memposting: Kepala2 SKPD atau OPD yth.. Tlg kendaraan melayani tamu atau tim dari Menko Maritim besok.

Postingan ini juga ditanggap dengan baik oleh semua pimpinan OPD.

[22:12, 1/22/2018] Kadis PRKPP, Solus Rafael: Siap  Bapa Bupati

[22:36, 1/22/2018] Kadis PKAD: Kendaraan Dinas PKAD siap Bapa.

[22:59, 1/22/2018] Kadis Kesehatan Mabar Wa: Malam Bapa. Dinkes siap 1 kendaraan. Tks.

[23:03, 1/22/2018] Direktur PDAM Wae Mbeliling: Malam bapa bupati pdam siap satu kendaran. Tabe

[05:06, 1/23/2018] Kaban BAPEDA WA: Siap Pak Bupati.

[07:35, 1/23/2018] Kadis Pariwisata dan Kebudayaan: Dinas Pariwisata siap 1 kendaraan bapak bupati dan seizin bapak bupati agar kendaraan yg siap digunakan dari masing-masing OPD supaya berkumpul di exotic, pada jam 14.30 hari ini,  selasa tgl 23 januari 2018. Terima kasih atas kerjasamanya.

Tanggapan dari pimpinan OPD ditutup dengan penyamapaian terima kasih dari Bupati. [22:38, 1/22/2018] Bupati Mabar: Thanks bagi skpd yg siap kendaraan…. Inilah bentuk2 kepedulian.

Tim Terpadu dalam rangka Persiapan Annual Meeting IMF-World Bank 2018, saat ini sudah berada di Labuan Bajo, dan kemarin sore mereka melakukan briefing di salah satu Hotel di wilayah Gorontalo-Kecamatan Komodo. Inti briefing pembangian grup berdasarkan urusan. Ada tiga grup yang sudah dibentuk yakni Amenitas, Atraksi dan Aksebilitas Laut-Darat.

“Kemarin sore, Tim Terpadu sudah dibagi ke dalam tiga grup. Koordinator Tim masing-masing OPD terkait. Tim Amenitas dikoordinir oleh Kadis Pariwisata dan kebudayaan untuk survey lapangan ke Desa Liang Dara dan Batu Cermin. Survey Sampah Koordinator Kadis LHD,  Kelistrikan oleh PLN,  group air minum Direktur PAM,  group akomodasi Kadis Pariwisata, Rumah Sakit oleh Direktur RSUD dan Kadis kesehatan, Group telekomunikasi oleh Diskominfo,” demikian Sektretaris Dinas Pariwisata, drh. Ney Asmon.

Menurut Ney (demikian sapaannya), hasil survey lapangan dari semua akan dipresentasikan sore ini juga. “Hasil survey lapangan dari masing-masing Tim akan dipresentasikan pada sore hari ini juga, di Hotel La Prima, pukul 17.00 Wita,” ujar Ney yang juga menjelaskan kalau kemarin sore Tim Aksebilitas sudah melakukan survey di beberapa tempat seperti bandar Udara Komodo dan dermaga Philemon Labuan Bajo. Untuk kelancaran transportasi, ada bantuan sebuah Bus dari Bandara Komodo (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *