Bupati Gusti Himbau Masyarakat untuk Tingkat Kewaspadaan

Surabaya (12/01) – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula menghimbau kepada seluruh warga Manggarai Barat, untuk meningkatkan kewaspadaan pada musim hujan seperti sekarang ini. Pasalnya pada musim hujan, berbagai bencana bisa saja terjadi.

Himbauan tersebut disampaikan Bupati Gusti Dula, menyusul terjadinya bencana tanah longsor di ruas jalan Daleng-Kakor, yang terjadi kemarin, Rabu (11/01) dan berbagai peristiwa lainnya yang akhir-akhir ini menimpa masyarakat di Kecamatan Lembor . “Pada musim hujan seperti sekarang ini, potensi bencana sangat tinggi. Karena itu saya himbau kepada seluruh warga agar tingkatkan kewaspadaan, terutama di Kecamatan Lembor,” himbaunya.

Menurut Bupati, akhir-akhir ini banyak bencana terjadi di Kecamatan lembor karena itu kewaspadaan menjadi sangat penting agar tidak menjadi korban. Tempat-tempat seperti, Lereng-lereng, Daerah Aliran Sungai (DAS) dan wilayah potensi hujan perlu dihindari. Dan khusus untuk para nelayan dan guide/pelaku pariwisata untuk sementara tidak boleh melaut apakah menangkap ikan atau mengantar wisatawan.

“Jangan tinggal di lereng-lereng, Daerah Aliran Sungai, apa lagi di wilayah potensi hujan. Para nelayan jangan melaut, para Guide/pelaku pariwisata jangan mengantar touris/wisatawan ke Laut dan pulau-pulau,” tegas Bupati yang saat ini berada di Surabaya untuk menghadiri Mang

garai Festival 2018 yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Manggarai Surabaya (Ikemas), besok (Sabtu, 13/01).

Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, tempat lainnya jelas Bupati adalah tempat wisata pantai Mberenang di Lembor Selatan dan air terjun Cunca Wulang. Kedua tempat tersebut, pada bulan-bulan seperti sekarang merupakan tempat yang tidak ramah.

“Saya perlu ingatkan juga, untuk saat ini jangan ke tempat wisata Mberenang di Lembor Selatan, itu juga tempat yang tidak bersahabat. Sedangkan di tempat wisata  Air Terjun  Cunca Wulang  juga harus hati hati terutama bagi mereka yang gemar photo selfie. Jangan sampai keenakan photo selfie, tiba-tiba injak batu yang licin

dan jatuh. Ingat ditempat itu pernah ada korban,” katanya.

Sementara terkait Bencana tanah longsor yang terjadi pada ruas jalan Daleng-Kakor, Bupati meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat untuk segera turun lokasi. Kedua instansi tersebut segera mengambil tindakan untuk mengatasi bencana yang terjadi.

“Saya perintahkan Dinas PUPR dan BPBD, segera turun lokasi dan ambil tindakan. Jangan tunggu masyarakat mencaci maki Pemerintah karena kita tidak peka dengan peristiwa yang terjadi. Dinas PUPR, segera turunkan alat berat untuk membersihkan material longsoran sedangkan BPBD buat laporan terkait bencana tersebut,” tandasnya.

One Response to Bupati Gusti Himbau Masyarakat untuk Tingkat Kewaspadaan

  1. johanyohanes berkata:

    sangat baik ite…tks kpda Humas Mabar yg telah menurunkan himbauan dari bapak Bupati ini, mohon ijin untuk share berita ini…tabe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *