Bupati Gusti Dula: Seorang Camat bertanggung jawab langsung kepada Bupati

Mbeliling – Seorang camat merupakan perangkat Daerah Kabupaten yang berkedudukan untuk memimpin sebuah wilayah kecamatan. Keududukan camat yang dimaskud disini juga dituangkan dalam PP No. 19 Tahun 2008 Pasal 14 ayat (1) dan (2). Camat ini diangkat dan dilantik langsung oleh bupati atau walikota. Oleh sebab itu, seorang camat bertanggung jawab langsung kepada Bupati/Walikota.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Gusti Dula ketika memberi sambutan usai melantik dan mengambil sumpah/janji Robertus Resmianto, SP., sebagai Camat Mbeliling dan Stanislaus Rasi, A.Md sebagai Sekcam di aula kantor Camat Mbeliling, Sabtu (03/11). Pengangkatan camat diperuntukkan kepada PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang memenuhi syarat atas dasar usulan dari Sekretaris Daerah.

“Seseorang yang dipilih menjadi camat harus memiliki kecakapan tentang pengetahuannya mengenai teknis pemerintahan dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Adapun syarat-syarat menjadi camat juga telah diatur dalam PP No. 19 Tahun 2008 Pasal 24, 25, dan 26,” jelasnya.

Namun demikian, Camat adalah pejabat yang mempunyai kekhususan disamping sebagai salah satu perangkat daerah. Kekususan seorang camat yaitu sebagai pelaksana yang mengintegrasikan nilai-nilai sosio-kultur, menciptakan stabilitas dalam dinamika politik, ekonomi dan budaya, mengupayakan ketentraman dan ketertiban wilayah dalam rangka membangun integritas kesatuan wilayah.

Ditambahkannya, karena kekhususannya, seorang camat diberi tanda jabatan khusus sebagai perpanjangan tangan Bupati di wilayah kerjanya. Tanda khusus yang dimaksud adalah lambang garuda yang disematkan pada dada kanan seorang Camat. “Camat adalah seorang pemimpin yang mempunyai tugas khusus, yang merupakan perpanjangan tangan Bupati dalam wilayah kerjanya. Itu sebabnya Para camat mengenakan Garuda pada dada Kanannya,” jelas Bupati.

Bupati berharap agar Camat dan Sekcam Mbeliling dapat menyesuaikan diri dengan tugas baru, mampu menerjemahkan konsep-konsep yang akan direalisasikan, melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh dedikasi, tanggungjawab, jujur dan Profesional, serta mengedepankan rasionalitas dan proporsionalitas.

“Saya mengharapkan Camat dan Sekcam Mbeliling yang baru dilantik dapat menyesuaikan diri dengan tugas baru, mampu menerjemahkan konsep-konsep yang akan direalisasikan, melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh dedikasi, tanggungjawab, jujur dan Profesional, serta mengedepankan rasionalitas dan proporsionalitas,” harapnya..

Tak lupa Bupati juga mengucap terimakasih kepada Frasiskus Selatan atas pengabdiannya selama menjadi Camat Mbeliling. Terutama karena Suksesnya beberapa pembangunan fisik antara lain Embung dan Pembukaan jalan penghubung Kecamatan Mbeliling dan Kecamatan Boleng.

Usia memberikan sambutannya, dilanjutkan dengan serah terima dan penandatanganan berita acara sertijab.

Acara lain adalah pelantikan dan pengukuhan Ny. Alosiana Resmianto sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Mbeliling dan Bunda Paud Kecamatan Mbeliling. (Tian candra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *