Bupati Gusti Dula Resmikan Desa Batu Cermin sebagai Desa Sadar Jamsostek

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat (Mabar) Drs. Agustinus Ch. Dula hari ini (Kamis, 13/09) menghadiri acara peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) di Kantor Desa Batu Cermin Kecamatan Komodo. Dalam acara ini Desa Batu Cermin dipilih sebagai salah satu Desa Sadar Jamsostek.

Pantauan humas.manggaraibaratkab.go.id, Bupati Gusti Dula hadir di lokasi bersama dengan Direktur Kepesertaan BPJSTK, E. Ilyas Lubis dan Pejabat BPJS Ketenagakerjaan. Mereka diterima secara adat sesuai adat setempat yang diawali dengan pa’u tuak curu, ronda, pa’u manuk kapu dan dittup dengan tarian tiba meka,  yang semuanya diurus oleh Even Management.

Bupati Mabar ketika menyampaikan sambutan menjelaskan, Program Desa Sadar Jamsostek merupakan Program Nasional yang bertujuan memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat yang rentan mengalami resiko sosial dan ekonomi dari aktifitas mereka melakukan kegiatan ekonomi. Hal ini merupakan bukti nyata dari kepedulian Pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk kesejahteraan masyarakat. Karena itu, warga Desa Batu Cermin wajib mendukung dan menerima kehadiran Desa Sadar Jamsostek ini.

Terhadap pemilihan Desa Batu Cermin, Bupati menyampaikan terima kasih kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan. “Terima kasih kepada Tim BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) atas terpilihnya Kabupaten Manggarai Barat sebagai salah satu tempat beroperasinya kegiatan ini,” kata Bupati dengan penuh bangga.

Menurut Bupati dua periode ini, BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah pilihan yang tepat bagi ASN maupun Non ASN, mengingat Manggarai Barat ini memiliki potensi kegiatan pembangunan khususnya di sektor pariwisata yang menyerap banyak tenaga kerja. “Menurut saya, jika pilihan itu jatuh pada Desa Batu Cermin yang ada dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat, ini pilihan bijak. Karena di Desa ini banyak tenaga kerja, ASN dan non ASN,” katanya.

Lebih lanjut ia berharap dengan ditetapkannya Desa Batu Cermin sebagai Desa Sadar Jamsostek, desa-desa lain juga bisa menyusun langkah-langkah dalam pelaksanaan perlindungan perangkat desa dan masyarakat di wilayah masing-masing. “Semua komponen masyarakat di Desa Batu Cermin wajib dengan kesadaran tinggi harus masuk menjadi peserta BPJSTK ini karena harus menjadi contoh bagi desa-desa lainnya,” tegasnya.

Puncak acara peresmian yang dipandu oleh Elen Benald Abar, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Mabar, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan penyerahan cindra mata. Hadir dalam kegiatan tersebut Dewan Pengawas BPJSTK Rekson Silaban, Deputi Direktur Bidang Perluasan Kepesertaan Cotta Sembiring, Asisten Deputi Wilayah Bali, Nusa Tenggara dan Papua I Made Gede Yagustana, Sekda Manggarai Barat Mbon Rofinus, SH.,M.Si, Wakapolres Manggarai Barat, Camat Komodo Abdullah Nur, S.IP, Kepala Desa Batu Cermin, para pimpinan OPD lingkup setda Manggarai Barat, serta masyarakat Desa Batu Cermin. (Asty/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *