Bupati Gusti Dula Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73

Labuan Bajo – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 di halaman kantor Bupati Manggarai Barat, Sabtu (10/11). Upacara dimulai pukul 07.30 Wita dipimpin langsung Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula. Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Danramil 1613-02 Komodo Kapten Infantri Sulaiman Baba.

Rangkaian upacara mulai dari Pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta selama 60 detik, hingga pembacaan Pesan-Pesan Pahlawan. Semuanya berlangsung khidmat. Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D., dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua TP PKK, Nyonya Maria A. M. D. Dula, SPd., dan semua pimpinan OPD Lingkup Pemkab Manggarai Barat  turut hadir.

Saat amanat, Bupati Gusti Dula membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita. Bahwa peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna. Bukan pula sebatas prosesi, tetapi substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati menyampaikan peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum bagi Bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai NKRI yang sejahtera, adil dan makmur. “Dan saat ini, Indonesia membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi untuk memajukan negeri ini,” tutur Bupati Gusti.

Dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya. Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial. Sehingga, ke depan mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

“Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, marilah kita berbuat yang paling baik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” katanya.

Pada akhir sambutan yang dibacakannya, ia mengajak untuk berkontribusi bagi kemajuan Bangsa Indonesia dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara ini.
“Kobarkan terus semangat Pahlawan di dada, torehkan prestasi, jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetikawanan sosial. Semoga semangat Pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita.” ujarnya menutup sambutan

Upacara Peringatan Hari Pahlawan, dilanjutkan dengan Upacara Tabur Bunga di Pelabuhan Pelni Labuan Bajo, dipimpin oleh Wakil Bupati Manggarai Barat. (Asty/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *