Bupati Gusti Dula kembali melantik 52 orang Pejabat Eselon III dan IV

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula kembali melantik pejabat Administrator (Eselon III) dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Pelantikan yang berlangsung di Aula utama Kantor Bupati Mabar Jumat  (14/09), terdiri dari dua jenis yakni mutasi dan promosi.

Total pejabat yang dilantik untuk memangku Jabatan pada beberapa OPD sebanyak 52. Rinciannya,  pejabat Administrator sebanyak 25 orang dan pejabat pengawas sebanyak 27 orang. Pelantikan dipimpin langsung oleh Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula. Turut hadir Wakapolres Kabupaten Manggarai Barat, Sekda Kabupaten Manggarai Barat, Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Manggarai Barat serta undangan lainnya.

Bupati Mabar Drs. Agustinus Ch. Dula dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini merupakan bagian dari upaya penyegaran untuk menghindari kejenuhan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui proses dan prosedur yang benar dengan penilaian yang objektif dari tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang ketuanya Sekretaris Daerah.  Karena itu diharapkan agar momentum pelantikan ini menjadi semangat baru dalam menata aktifitas Pemerintahan ke arah yang lebih baik.

“Proses yang terjadi hari ini adalah bagian dari upaya penyegaran melalui promosi dan rotasi jabatan dalam kaitannya dengan pengembangan karier dan pengembangan kompetensi sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 72 Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparat Sipil Negara dan pasal 163 Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang managemen PNS yang bertujuan untuk memberikan kejelasan dan kepastian karier kepada PNS, menyeimbangkan antara pengembangan karier PNS dan kebutuhan instansi, meningkatkan kompetensi dan kinerja PNS serta mendorong peningkatan profesionalisme PNS, ” tandasnya.

Ditegaskan Bupati Gusti Dula, pelantikan harus dilihat sebagai sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri dalam upaya peningkatan kompetensi Aparatur ke arah tercapainya sumber daya yang handal dan profesional dalam menjalankan tugas pemerintahan dan aktifitas pembangunan bukan berarti acara formalitas dalam rangka pendistribusian Jabatan. “Perlu saya tegaskan, kepada semua pejabat yang dilantik hari ini harus menunjukan kemampuan dalam menjalankan tugas di OPD masing-masing,” ujarnya.

Mengakhiri sambutan, Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada semua Pejabat yang dilantik. Sembari berharap, agar para pejabat yang dimutasi ke OPD baru dan promosi harus mampu menjawab  Visi dan Misi Pembangunan Kabupaten Manggarai Barat 2016-2021. (Agustinus Hodaling/**).