Bupati Gusti Dula: Kehadiran PLP Ubah Suasana dari Gelap menjadi Terang

Sok Rutung – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PT. PLN (Persero) terkait program Paket Listrik Pedesaan (PLP) untuk 100 Desa di Kabupaten Manggarai Barat. Program Paket Listrik Pedesaan ini tentu sangat penting karena dapat memenuhi salah kebutuhan masyarakat terutama pada era modern.

“Saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT. PLN terutama PT. PLN Rayon Labuan Bajo yang telah memberikan fasilitas listrik ke desa-desa. Hadirya jaringan Listrik di Desa tentu akan mengubah suasana di Desa dari yang sebelumnya gelap menjadi terang” demikian Bupati Gusti Dula saat memberikan sambutan sebelum meresmikan Paket Listrik Pedesaan di Sok Rutung, Desa Pantas, Kecamatan Komodo, Kamis (15/03).

Menurut Bupati Gusti Dula, selain memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat, kehadiran listrik di Desa Pantar, Compang Longgo, Desa Golo Pongkor dan Desa Macang Tanggar sangat menunjang keberadaan Labuan Bajo sebagai Ibukota Kabupaten Manggarai Barat, sebagai salah satu tujuan wisata prioritas membuat daerah ini mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat. Artinya desa-desa yang posisinya dekat denga Labuan Bajo merupakan penyanggah utama.

“Saya berharap dengan adanya Program Paket Listrik Pedesaan ini, ekonomi masyarakat semakin meningkat. Seridaknya mulai saat ini, masyarakat sudah bisa merencanakan dan berpikir untuk membuka usaha, seperti membuka warung, membuka usaha bengkel dan lain sebagainya,” katanya..

Disamping itu ucapan terima kasih disampaikan Bupati dua periode ini untuk warga masyarakat dari 4 (empat) Desa tersebut yang sudah mendukung program listrik masuk desa ini. Sesuai laporan Manajer PLN Rayon Labuan Bajo Djendy Keyserius, pembangunan jaringan listrik di desa-desa ini berjalan sangat lancar berkat dukungan masyarakat juga.

“Tadi pagi sebelum datang ke sini (Sok Rutung; red) Pak Djendy melaporkan kalau masyarakat di empat Desa sangat mendukung hadirnya Listrik. Terhadap sikap tersebut, saya ucapkan terima kasih. Kalau ingin maju, kita memang harus mendukung segala bentuk pembangunan. Menolak pembangunan yang dilakukan pemerintah adalah ciri-ciri orang tidak sehat.” katanya disambut tawa masyarakat desa setempat.

Sementara itu, Manajer PLN Rayon Labuan Bajo Djendy Keyserius dalam laporan singkatnya menyampaikan Program Paket Listrik Pedesaan merupakan program tahun 2017. Jumlah Desa yang mendapat Program Listrik Pedesaan untuk Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 100 Desa. Dan empat Desa di Kecamatan Komodo ini yang pertama diresmikan pemanfaatannya.

Pihak PLN Rayon Labuan Bajo jelasnya, akan berupaya semaksimal mungkin agar 100 Desa yang mendapat Program Listrik Pedesaan tuntas diresmikan pada tahun 20018 ini. “Bapak Bupati, PT. PLN akan berupaya semaksimal mungkin agar Program 2107 ini, tuntas pada tahun ini juga sehingga sejalan dengan Visi dan Misi Pembangunan Kabupaten Manggarai Barat. Namun untuk kelancaran, memang dibutuhkan kerjasama dari warga masyarakat,” tandasanya.

Untuk diketahui Peresmian pemanfaatan Listrik di empat Desa tersebut ditandai dengan mengaktifkan Mini Circuit Breaker (MCB) di salah satu rumah penduduk. MCB berfungsi untuk  memproteksi arus lebih yang disebabkan terjadinya beban lebih dan arus lebih karena adanya hubungan pendek.

Turut hadir dalam peresmian Paket Listrik Pedesaan di Sok Rutung ini, Wakapolres Manggarai Barat, Danramil 1612-02 Labuan Bajo, Camat Komodo, dan beberapa pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Kepala Desa Pantar, Kepala Desa Compang Longgo, Kepala Desa Macang Tanggar dan Kepala Desa Golo Pongkor serta tokoh masyarakat yang mewakili ke-empat desa tersebut. (Asty/Christian/**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *