Bupati Gusti Dula: Kebersihan Kota Labuan Bajo adalah Tanggung jawab Bersama

Kampung Ujung – Kebersihan Kota Labuan Bajo yang salah satunya diwujudkan dengan memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap sampah adalah tanggung jawab bersama dan harus diwujudkan secara nyata. Jangan berhenti hanya sekedar slogan yang tidak ada realisasinya. Dan tugas membersihkan sampah tidak hanya sebatas tanggung jawab petugas kebersihan saja, namun merupakan tanggung jawab bersama.

Demikian disampaikan Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, sebelum memimpin aktivitas Kebersihan yang diprakarsai oleh BUMN di sekitar Pelabuhan Pelni-Kampung Ujung Kelurahan Labuan Bajo, pagi ini (28/03).  “Menjaga kebersihan kota Labuan Bajo butuh kepedulian dan kepekaan dari masyrakatnya sendiri dan semua elemen yang ada. Karena Labuan Bajo bukan lagi milik kita sendiri yang menghuni kota ini, akan tetapi sudah menjadi destinasi wisata dunia,” katanya.

Menurut Bupati Gusti, sampah memang masalah tapi bila ditangani dengan bijak tentu akan berdaya guna juga, jadi penanganan sampah ini perlu kesadaran seluruh semua elemen masyarakat, sehingga lingkungan kita bersih. Kegiatan kebersihan yang dikemas dalam “BUMN Peduli Penanggulangan Sampah di Labuan Bajo” menunjukan sampah memang menjadi persoalan bersama dan ditangani secara bersama juga. “Kita wujudkan lingkungan bersih dari sampah, kurangi sampah yang bersumber dari kita, bersihkan sampah disekitar kita dan mari wujudkan budaya bersih,” ujarnya mengajak.

Sesuai dengan Perpres 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan Nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga maupun berbagai kegiatan lainnya, sampah dapat diolah untuk berbagai keperluan. Seperti, sumber energi dan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya, antara lain sampah yang dapat disulap menjadi berbagai aneka kerajinan.

Pria pencinta budaya Manggarai Barat ini berharap kegiatan kebersihan pagi ini dapat walau dilakukan hanya segelintir orang, mampu menggugah masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi di Laut. “Bapak-bapak/Ibu-Ibu sekalian, pagi ini kita kembali melakukan kegiatan kebersihan. Walau dari sisi jumlah kita sedikit, kita berharap kegiatan ini bisa membuka cara berpikir masyarakat untuk tidak membuang sampah disembarang tempat,” harapnya.

Sebelum membuka kegiatan dengan resmi, tidak lupa Bupati Gusti Dula menyampaikan ucapan terima kasih kepada BUMN yang memiliki kepedulian terhadap penanggulangan sampah di Kota Labuan Bajo. “Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Manggarai Barat, saya menyampaikan terima kasih kepada BUMN yang memiliki kepedulian terhadap keberihan Kota Labuan Bajo,” tambahnya.

Kegiatan kebersihan pagi ini juga dipublikasikan oleh beberapa stasiun Televisi Nasional antara lain SCTV, Metro TV, Inews, BeritasatuTV. Dan saat ini, Bupati Gusti Dula masih melayani berbagai media tersebut yang melakukan wawancara. (Yanto Sagur/**)

One Response to Bupati Gusti Dula: Kebersihan Kota Labuan Bajo adalah Tanggung jawab Bersama

  1. Rg berkata:

    Luar biasa jayalah mabarku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *