Bupati Gusti Dula Hadiri Rakor yang dipimpin Menko Luhut Pandjaitan

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo. Rakor ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam Rakor yang berlangsung di Hotel Jayakarta Labuan Bajo ini, Menko Bidang Maritim membahas sejumlah persoalan yang ada di Labuan Bajo.

Pantauan humas.manggaraibaratkab.go.id, rakor malam ini (20/03), dihadiri sejumlah Pejabat eselen I dari sejumlah Kementerian, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata, Wakil Bupati Manggarai Barat, Ketua DPRD Manggarai Barat, Kejari Manggarai Barat, Kapolres Manggarai Barat, Sekretaris Daerah Manggarai Barat, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi NTT, pihak BUMN/BUMD, dan beberapa pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Menko Luhut Pandjaitan tiba di aula Rapat Hotel Jayakarta pukul 18.55 Wita, didampingi Bupati Manggarai Barat. Namun sebelum memimpin rapat Menko Luhut sempat meninjau pembangunan wisata kuliner di kampung ujung yang saat ini direvitalisasi. Di tempat tersebut, Menko sempat menyoroti kondisi kampung ujung yang sangat memprihatinkan.

Mengawali Rakor, Menko Luhut Pandjaitan menyampaikan kondisi Labuan Bajo sesuai pengamatannya begitu turun dari pesawat. “Saya menemukan sejumlah persoalan yang membutuhkan penanganan secepat mungkin, baik di Bandara Komodo, Rest area Puncak Waringin dan di wisata Kuliner Kampung Ujung. Waktu kita tidak banyak, sehingga saya harap semua pihak harus serius untuk menangani berbagai persoalan-persoalan di Labuan Bajo ini,” tegasnya.

Selanjutnya Menko Luhut Pandjaitan memberikan kesempatan kepada semua peserta rakor untuk mempresentasikan hasil pengamatan dan sekaligus menyampaikan solusi yang dilakukan. “Baik, kita langsung pada pokok rapat dan saya berikan kesempatan kepada semua peserta rapat untuk melaporkan persoalan yang ditemukan sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” pinta Menko.

Secara bergantian para peserta Rakor menyampaikan persoalan yang ditemukan di lapangan dan upaya penanganan yang segera dilakukan. Rapat juga secara khusus menyoroti persoalan sampah di Labuan Bajo. Dan terkait hal ini, dibicarakan secara khusus antara pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai Barat dengan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Tuti Hendrawati Mintarsih.  (Chystian Candra/**)

Berikut Foto-foto Rakor, hasil bidikan Chrystian Candra:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *