Bupati Gusti Dula Buka Simposium Peran 1000 HPK

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula hari ini (Selasa, 06/11) membuka secara resmi kegiatan Simposium Peran 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam menurunkan Prevelansi Stunting di Kabupaten Manggarai Barat. Kegiatan yang berlangsung di Kantor Bupati Manggarai Barat merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tingkat Kabupaten Manggarai Barat tahun 2018.

Seperti diketahui peringatan HKN jatuh pada tanggal 12 November. Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat rencananya akan melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan HKN ke 54 di Puskesmas Benteng, Desa Golo Pongkor Kecamatan Komodo, mulai tanggal 9 November yang akan datang.

Bupati Gusti Dula dalam sambutan singkatnya menjelaskan meningkatkan kualitas 1000 hari pertama kehidupan merupakan peluang emas untuk generasi sehat, cerdas, dan produktif. Salah satu aspek yang mempengaruhi 1000 HPK adalah status gizi. “Untuk menciptakan generasi yang sehat dimasa depan, pemenuhan gizi yang kuat mutlak diperlukan sejak awal kehidupan,” tandasnya.

Dijelaskannya, bila keadaan pada periode 1000 HPK tidak segera diperbaiki maka generasi dan beberapa generasi berikutnya akan kehilangan kesempatan sebagai manusia yang unggul. Namun, perbaikan masalah gizi bukan lagi hanya tugas sektor kesehatan, melainkan tanggung jawab seluruh sektor.

Bahwa perkembangan fisik dengan meningkatkan status gizi bukan satu-satunya dalam perbaikan kualitas 1000 hari pertama kehidupan. Ada juga hal penting yang tidak boleh terlupakan, yakni peningkatan aspek psiko-sosial melalui stimulasi. Gizi merupakan hardware bagi tubuh manusia, sedangkan stimulasi pendengaran, penglihatan, perasaan, dan aspek motorik merupakan software yang dapat menunjang tumbuh kembang anak.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan untuk fokus pada berbagai program dan kegiatan yang di laksanakan untuk memastikan Kesehatan yang baik dan Gizi yang cukup pada 1000 HPK. Program tersebut seperti pemberian tablet tambah darah dan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada ibu hamil, bayi dan balita dengan Gizi kurang dan Gizi Buruk. “Saya yakin harapan kita sama yakni lahirnya generasi penerus Manggarai Barat yang cerdas dan produktif,” tuturnya.

Untuk diketahui Simposium Peran 1000 Hari Pertama Kehidupan, dihadiri oleh ibu-ibu dan para petugas kesehatan yang ada di Labuan Bajo. Dan usai membuka kegiatan, Bupati sempat memeriksa kesehatan oleh petugas kesehatan  yang ada di samping tempat pelaksanaan kegiatan. (Adolfus/**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *