3 Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama dan 4 Jabatan Adminsitrator, Dilantik

Labuan Bajo (17/01) – Setelah melalui proses seleksi Jabatan yang cukup ketat dan panjang, akhirnya 3 orang yang sebelumnya menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) pada tiga Instansi Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dilantik dan diambil sumpah jabatan untuk memangku Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama.Proses pelantikan berlangsung, Rabu (17/01) pukul 13.00 Wita, di Aula Utama Kantor Bupati Manggarai Barat.

Sesuai Surat Keputusan Bupati Manggarai Barat Nomor : BKPPD.821/14/I/2018 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2018, Nomor: BKPPD.821/17/I/2018, Agustinus M. Mangiradja, S.Sos, yang sebelumnya Plt. Kepala Dinas (Kadis) Sosial dilantik sebagai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Barat. Solus Y. Rafael, ST, yang sebelumnya  Plt Kadis Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP) dilantik sebagai Kadis PRKPP dan Ir. Oktavianus Andi Bona yang sebelumnya Plt. Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dilantik sebagai Kepala Dinas PUPR.

Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap ketiga Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama tersebut dilakukan Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, Ph.D. Selain ketiga Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama tersebut, juga dilantik 4 orang Pejabat Administrator untuk posisi Sekretaris dan Kepala Bidang.

“Sebelum saya mengambil sumpah, saya ingin bertanya: Apakah saudara-saudara bersedia diambil sumpah? Diambil sumpah dengan cara agama apa? Selanjutnya saya perlu memperingatkan bahwa sumpah yang akan saudara ucapkan ini adalah mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta tanggung jawab kesejahteraan rakyat. Sumpah ini disamping disaksikan oleh diri sendiri dan semua yang hadir sekarang, juga yang penting sekali disadari bahwa sumpah ini disaksikan oleh Tuhan yang Maha Esa, karena Tuhan maha mengetahui,” demikian Wabup Maria Geong saat menyampaikan kata pendahuluan Pengambilan Sumpah.

Usai membacakan kata Pendahulan Pengambilan Sumpah, Wabup Maria Geong selanjutnya mengambil Sumpah terhadap 3 orang Pimpinan Jabatan Tinggi dan 4 orang Jabatan Administrator tersebut. Terlebih dahulu Wabup meminta, agar semua pejabat yang dilantik mengikuti dan mengulangi kata-kata yang diucapkan.

“Dengan demikian Saudara–Saudara Akan Saya Ambil Sumpah menurut Agama Kristen dan Katholik. Ikuti kata-kata saya Demi Tuhan Allah Saya Berjanji. Bahwa saya, akan memenuhi tugas dan kewajiban saya, sebagai Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama dan Jabatan Administrator  dengan sebaik–baiknya sesuai dengan peraturan perundang–undangan dengan berpedoman pada Pancasila / dan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan wewenang,  akan bekerja dengan sungguh–sungguh, jujur, adil, dan cermat serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia, daripada kepentingan pribadi atau golongan,” kata Wabup, yang diikuti oleh para pejabat yang dilantik.

 

Saat memberikan Sambutan, Wakil Bupati perempuan yang pertama di Provinsi NTT ini menjelaskan bahwa untuk pertama kalinya di Manggarai Barat, pejabat yang dilantik melalui proses lelang jabatan terbuka (open bidding) dengan ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan. Hal ini dilaksanakan agar pejabat yang akan menduduki jabatan dimaksud adalah pejabat yang memang sesuai dengan kompetensinya, mempunyai integritas dan memenuhi persyaratan lainnya.

Dijelaskannya, pejabat-pejabat yang dilantik adalah mereka yang dinilai layak memangku jabatan-jabatan tersebut karena kemampuannya sudah teruji. Karena itu kemampuan tersebut harus dibuktikan dalam tugas dan fungsi di OPD masing-masing. “Saya tegaskan bahwa jabatan yang dipercayakan kepada saudara-saudara jangan sampai disalahgunakan. Laksanakan tugas dengan benar dan selalu dilandasi dengan peraturan perundang-undangan. Demikian pula untuk kesinambungan tugas, saudara-saudara harus dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif, efektif, efisien dan produktif agar berbagai masalah yang dihadapi mendapat jalan keluar,” tegas Wakil Bupati Maria.

Turut hadir, anggota Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat, Sekretaris Daerah, Rofinus Mbon, SH., M.Si., para Asisten dan para pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. (Asty/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *