Bupati Dan Wakil Bupati Mabar Menghadiri Penutupan Sidang II DPRD Tahun Sidang 2017

Labuan Bajo-Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula dan Wakil Bupati Manggarai Barat, drh.Maria Geong, P.hD, menghadiri penutupan sidang II DPRD Kabupaten Manggarai Barat tahun sidang 2017 di Ruang Utama DPRD Kabupaten Mabar, selasa (06/11).

Hadir dalam sidang penutupan tersebut adalah pimpinan Forkopimda kab. Mabar, Para Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Mabar, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Mabar dan insan pers.

Bupati Mabar dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi serta ucapan terimakasih terhadap kinerja Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Mabar berkaitan dengan penetapan 16 Ranperda menjadi Perda, termasuk penetapan Perda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Mabar Tahun Anggaran 2016 dan juga penetapan APBD Perubahan Kabupaten Mabar tahun anggaran 2017. Termasuk keputusan strategis lainnya yaitu penetapan KUA-PPAS APBD Kabupaten Mabar tahun anggaran 2018.

Selain itu, Bupati Gusti juga meminta agar pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2016 untuk menjadi perhatian bersama sebagai koreksi penting dalam rangka meningkatkan kinerja birokrasi, khususnya dalam menjamin akuntabilitas penggunaan anggaran bagi kepentingan pembangunan Daerah.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa terkait dengan penetapan APBD perubahan tahun anggaran 2017 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, pemerintah Daerah perlu mengingatkan terus kepada para pimpinan OPD sebagai Pengguna/Kuasa Pengguna Anggaran untuk menggenjot realisasi penyerapan anggaran 2017, karena hingga triwulan IV realisasi penyerapan anggaran masih terbilang rendah.

Oleh karena itu, kepada Para Pimpinan OPD yang memiliki kegiatan pekerjaan fisik/proyek pembangunan Bupati mengingatkan agar turun ke lapangan untuk mendorong pihak ketiga/kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Sekaligus memonitoring perkembangan kemajuan fisik dan kualitas pekerjaan, sehingga jumlah penyerapan anggaran dapat terus meningkat dan jumlah silpa tahun anggaran 2017 lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada tempat yang sama Ketua DPRD Kabupaten Mabar Belasius Jeramun dalam sambutannya
berharap pemerintah dan DPRD harus berjalan beriringan untuk menata seluruh pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Manggarai Barat.
(A.Hodaling/***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *